Berkembangnya teknologi dan muncullah Market place

bisnis

Dengan tambah berkembangnya teknologi dan juga beragam kemudahan yang diberikan oleh internet, transaksi penjualan dan pembelian pun termasuk banyak dilakukan secara online. Mungkin Anda sering mendengar makna online shop, marketplace, dan e-commerce. Sebenarnya apa perbedaannya?

marketplace

Marketplace adalah sebuah situs yang menghubungkan seorang penjual dengan konsumen lewat internet. Salah satu marketplace pertama di dunia yang mempopulerkan marketplace adalah eBay. Dirilis terhadap tahun 1995, situs ini menyebabkan proses penjualan lebih mudah dan efisien. Dua dekade kemudian, kami lihat bahwa marketplace telah banyak berkembang dan saat ini Anda dapat mendapatkan marketplace untuk banyak hal mulai dari barang bekas sampai makanan. Di Indonesia sendiri, marketplace jadi sebagian startup paling sukses di Indonesia, bahkan telah mencapai status unicorn seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Marketplace memang memiliki rencana yang sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, marketplace sediakan area bagi mereka yang dambakan berjualan di situs mereka. Kemudian pihak marketplace bakal menghidupkan barang jualan itu saat tersedia calon konsumen yang melaksanakan pencarian. Jika si calon konsumen memang berkenan membeli barangnya, mereka dapat melaksanakan pembayaran lewat marketplace itu sendiri.

Yang berbeda dengan pasar tradisional adalah seorang penjual tidak kudu membayar duit sewa untuk mendapat area di marketplace. Ini tentu saja jadi keliru satu kekuatan tarik marketplace. Siapa yang tidak dambakan berjualan dengan gratis? Mereka hanya kudu mendaftarkan diri dan mereka telah dapat mulai berjualan.

Lalu darimana sebuah marketplace beroleh keuntungan? Kebanyakan, marketplace manfaatkan jasa iklan premium sebagai langkah melacak keuntungan. Kalau Anda pernah melacak barang di Tokopedia, Anda barangkali pernah lihat sebagian pilihan barang dengan tanda megaphone. Ini adalah produk-produk yang manfaatkan fasilitas TopAds dari Tokopedia sehingga produknya keluar di anggota paling atas pencarian.

online shop marketplace ecommerce tokopedia dewaweb

Tidak hanya Tokopedia, setiap marketplace saat ini menawarkan jasa iklan PPC. Anda tidak kudu membayar untuk pakai iklan; Anda hanya bakal membayar kecuali tersedia orang yang mengklik product yang Anda iklankan tersebut.

Online Shop Toko Online

Seperti yang dapat Anda lihat dari namanya, online shop mengacu terhadap beragam toko yang tersedia terhadap platform online.. Online shop tidak kudu tersedia terhadap website. Anda termasuk dapat terhubung toko online di social media seperti Facebook dan Instagram.

Berbeda dengan marketplace, kecuali Anda berjualan di online shop, Anda bakal terjalin langsung dengan pembeli. Sekarang di Indonesia, tersedia banyak online shop yang dioperasikan di Instagram. Untuk melaksanakan pemesanan, Anda dapat menghubungi mereka lewat aplikasi chat seperti WhatsApp atau LINE. Kemudian Anda melaksanakan pembayaran lewat transfer, kirim bukti pembayaran, dan penjual bakal mengirim barang ke alamat Anda.

E-Commerce

Orang barangkali sering manfaatkan makna e-commerce untuk mengartikan marketplace. Padahal mereka berbeda loh! E-commerce hanya menjual product dari situs itu sendiri. Jadi anda tidak bakal mendapatkan lebih dari satu toko online seperti di marketplace. Sebuah merek atau seorang penjual memang menyebabkan sebuah situs spesifik untuk menjual barang-barang yang dia jual. Selain itu, semua transaksi termasuk dilakukan lewat situs manfaatkan shopping cart dan payment gateway.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *